Musrenbangcam, Targetkan 2020 Infrastruktur Jalan Kecamatan Ringinarum Mulus

 Musrenbangcam : Kecamatan Ringinarum Fokus tingkatkan sektor pertanian dan Insfraatruktur jalan.

KENDAL – KECAMATANRINGINARUM.COM

Sektor pertanian akan lebih dikuatkan pada program pembangunan di Kecamatan Ringinarum di tahun 2020. Hal ini untuk mendukung arah kebijakan Pemkab Kendal tahun 2020 dengan taqline Kendal Berdaya Saing.
Saat ini pertanian merupakan andalan diwilayahnya yang kebanyakan mayoritas sebagai petani. Selain lahan pertanian di kecamatan Ringinarum merupakan lahan subur yang cocok ditanami berbagai jenis tanaman, seperti padi, jagung, bawang merah dan berbagai jenis tanaman sayuran, bahkan jenis buah-buahan.
Kecamatan Ringinarum tanahnya subur, tanaman apa saja bisa tumbuh dan hasilnya bagus. Bawang merah juga bagus, bahkan semangka dan melon juga bagus,” kata Camat Ringinarum Sobirin, saat Musrenbangcam di Kecamatan Ringinarum, Kamis (14/2).
Camat Sobirin menjelaskan, bahwa selama ini hasil panen pertanian memiliki kualitas baik. Hanya saja, terkadang pada saat tertentu, harga panen menjadi turun hingga di bawah harga dasar, sehingga petani mengalami kerugian. Oleh karena itu yang akan diupayakan pemerintah adalah agar petani mendapat perlindungan terhadap harga panen supaya tetap untung.
Perlu ada perlindungan terhadap petani, supaya tidak ada yang mempermainkan harga, misalnya pemerintah bisa membeli hasil panen, jika harga panen di bawah harga standar,” tuturnya.
Menurutnya, untuk mendukung sektor pertanian, maka infrastruktur, seperti jalan, jembatan, saluran irigasi dan gorong-gorong harus diperhatikan.
Saat ini kondisi infrastruktur jalan masih banyak yang rusak. Namun di tahun 2019 ini ada 5 kegiatan perbaikan jalan di Kecamatan Ringinarum yang sudah dianggarkan dari APBD 2 tahun 2019.
“Sisanya akan diupayakan agar bisa dilanjutkan pada tahun 2020 supaya semua jalan kondisinya baik,” tandasnya.
Dikatakan, peningkatan sumber daya
manusia juga akan ditingkatkan, yaitu dengan mengadakan pelatihan keterampilan. Hal ini juga atas usulan dari beberapa desa yang menginginkan adanya pelatihan keterampilan.
Peningkatan SDM juga penting, yaitu dengan mengadakan pelatihan keterampilan,” katanya.(eko)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*