Desa Kedunggading Kendal Masuk Tiga Desa Terbaik di Jawa Tengah Dalam Pelaksanaan Gotong Royong

KECAMATANRINGINARUM.COM, KENDAL – Desa Kedunggading, Ringinarum Kendal masuk dalam tiga desa yang terpilih menjadi desa pelaksana gotong royong terbaik di Jawa Tengah.

Penilaian desa pelaksana gotong royong terbaik itu dilakukan oleh tim Penilai dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya Tim penilai melakukan seleksi admnistrasi terhadap 29 desa perwakilan tiap kabupaten seluruh Jawa tengah.

Selanjutnya dipilih lima terbaik untuk memberikan pemaparan pelaksanaan gotongroyong di desa mereka. Dari pemaparan itu tim penilai menyeleksi tiga desa untuk dinobatkan sebagai desa pelaksana gotongroyong terbaik.

Ketua Tim Penilai Desa Gotongroyongm Nadi Santoso mengatakan, bahwa tiga desa yang dinyatakan sebagai desa pelakasana gotong royong merupakan perwakilan dari Kabupaten Kendal, Pati dan Kebumen.

“Kendal menjadi desa pertama yang kami lakukan penilaian secara langsung. Dalam penilain ini ada empat aspek yang kami nilai, yakni gotong royong dalam peningkatan ekonomi, lingkungan, kemasyarakatan dan Sosial Budaya,” ujarnya saat menyambangi Desa Kedunggading untuk melakukan penilaian, Rabu (20/2)

Ia mengatakan nanti pengumuman juara akan disampaikan pada bulan April dan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Harapannya kegiatan ini mendorong masyarakat untuk mempertahankan tradisi gotong royong, saling bahu membahu, karena dalam hal itu dapat mempererat tali persaudaraan,” ujarnya.

Bupati Kendal, MIrna Annisa berharap tradisi gotong royong ini tetap berjalan meski penilaian dari tim penilai sudah dilakukan. Ia pun juga berharap makin banyak desa-desa di Kabupaten Kendal yang mempertahankan tradisi gotong royong.

“Saat ini pun kami juga mendorong gerakan siskampling di tiap desa agar kabupaten Kendal menjadi role model penyelenggaran siskampling di Jawa tengah,” tuturnya

Sementara itu, Kepala Desa Kedunggading, Budiyono menuturkan bahwa di desanya kegiatan gotong royong kerap dilaksanakan. Tak hanya aspek menjaga lingkungan, segala aspek dalam masyarakat juga dilakukan gotong royong.

“Semua warga memberikan kontribusinya dalam penyelenggaraan gotong royong di desa kami, gotong royong sendiri sudah menjadi bagian dari tradisi kami,” pungkasnya. (*)

Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2019/03/20/desa-kedunggading-kendal-masuk-tiga-desa-terbaik-di-jawa-tengah-dalam-pelaksanaan-gotong-royong

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*